Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hangat


Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan air hangat :

1. Meredakan stres
Berendam di air hangat bisa meredakan stres akibat beban berat dan pikiran yang suntuk setelah menjalani kesibukan sepanjang hari. Tambahkan minyak lavender untuk meningkatkan relaksasi.

2. Membersihkan badan
Air hangat lebih ampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Tidak hanya terasa lebih segar, kulit juga akan menjadi leih sehat ketika permukaannya bersih dari minyak dan kotoran.

3. Melancarkan peredaran darah
Saat berendam di air hangat, peredaran darah di akan menjadi lebih lancar. Tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, peredaran darah yang lancar juga menstabilkan pengaturan suhu tubuh sehingga tidak mudah masuk angin.

4. Membuka pori-pori kulit
Jika ingin mengoleskan krim perawatan atau obat-obatan untuk kulit, lakukan setelah mandi atau berendam di air hangat. Penyerapan akan terjadi lebih efisien karena temperatur hangat membuat pori-pori kulit terbuka.

5. Mengatasi insomnia
Tidak perlu obat tidur atau olahraga berat sampai letih agar cepat mengantuk. Jika merasa susah tidur, tidak ada saahnya mencoba berendam di air hangat karena perasaan rileks dan peredaran darah yang lancar bisa mengatasi masalah tersebut.

6. Menghilang racun di tubuh
Mandi air hangat dengan suhu sekitar 32 – 35 derajat celcius selama 10 – 20 menit dapat membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh.

7. Menurunkan tingkat gula darah
Sebuah studi terbitan New England Journal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam bak air hangat, tingkat gula darahnya turun sekitar 13 %.

8. Mengurangi penyakit kulit
Penyakit kulit tertentu seperti eksim, ruam atau gatal-gatal dapat diobati dengan menambahkan baking soda (Sodium Bicarbonate) ke dalam bak mandi air hangat. Dalam hal ini Sodim Bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Dianjurkan berendam selama 10 – 20 menit.

9. Menyembuhkan infeksi yeast
Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Dianjurkan berendam selama 15 – 20 menit. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena cuka dapat menyeimbangkan kembali kadar keasaman tubuh.

10. Menghilangkan gejala flu
Campurkan air hangat dengan tetesan minyak esensial seperti lavender, peppermint atau lemon. Rendam kaki selama 10 – 20 menit ke dalam larutan tersebut, maka gejala flu dan sakit kepala dapat dicegah.

11. Mengurangi rasa pegal
Apabila otot terasa pegal, rendam kaki dengan air hangat bersuhu sekitar 37 derajar celcius yang dicampur dengan sedikit garam. Pada umumnya rasa pegal akan berkurang/hilang dengan cara seperti ini.


sumber :
http://www.tnol.co.id/bugar/7623-manfaat-mandi-air-hangat.html#.T3zs7fD86ix


No comments: