Kata Pengantar



Assalamu 'alaikum Wr. Wb

Masalah pendidikan merupakan satu dari mata rantai penting yang perlu mendapat perhatian semua pihak. Demikian krusialnya persoalan pendidikan kita sehingga perlu dilakukan terobosan terobosan dalam mengelola pendidikan bermutu di tanah air.

Allah Swt, berfirman:

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar". (Qs. Annisa: 9)

SD IT Mutiara Hati yang selama ini mengalokasikan sebagian pemberdayaannya untuk pendidikan bermaksud membuat suatu model pendidikan yang bermutu. Tentu ini merupakan suatu pekerjaan yang tidak sederhana, namun demikian dengan dukungan banyak pihak dan semangat reformasi pendidikan ke arah yang berdaya guna dan berhasil guna, kita berharap visi ini akan menjadi kenyataan.

Sayid Qutb dalam majalah Al-Risalah edisi ke 995 tahun 1995 mengungkapkan bahwa :           “ Sesungguhnya aku menyakini akan kekuatan ilmu pengetahuan. Dan aku menyakini pula kekuatan hasil kebudayaan. Namun aku jauh lebih yakin akan kekuatan buah pendidikan.”

Pendapat tersebut menunjukkan betapa pentingnya proses pendidikan dalam segala aspek kehidupan, pepatah mengatakan “ Pendidikan bukanlah segala-galanya tetapi segala-galanya berawal dari Pendidikan.”

Kami sampaikan Sekilas SD IT Mutiara Hati menuju sekolah unggulan. Kami menciptakan suasana SD IT Mutiara Hati seperti rumah dan keluarga bagi anak-anak, sehingga anak-anak merasa nyaman, aman dan senang selama Bapak / Ibu bekerja. Kami berusaha mengemban amanah yang diberikan Bapak/Ibu dengan sepenuh cinta dan sepenuh hati.

Dengan branding “ Sekolahnya anak cerdas dan sayang teman “, SDIT Mutiara Hati  berupaya untuk mengembangkan petensi yang ada dalam setiap diri anak, setiap anak adalah cerdas, dengan pendekatan metode pembelajaran “multiple intelegences “, kami mengharap setiap anak tergali potensi kecerdasan yang dimilikinya.

Sayang teman adalah harapan kita semua sebagai orang  tua, pendidik, dan masyarakat secara umum, di era saat ini dimana egoisme pribadi yang dikedepankan, maka sayang teman adalah salah satu solusi untuk menumbuhkan sifat empati kepada sesama, kebersamaan, rasa saling membantu dan bekerjasama adalah hal-hal yang ingin SDIT Mutiara Hati wujudkan sebagai bekal anak menjalani kehidupan dikemudian hari.

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Mutiara Hati Desa Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah telah disiapkan menjadi sekolah unggulan. Konsep pembaruan pendidikan ini dimaksudkan untuk membuat otonomi sekolah dan mendasari manajemen berbasis sekolah maka konsep inimemungkinkan pengelolaan sekolah yang lebih baik dan menghasilkanmutu lulusan lebih mandiri.

SDIT  Mutiara Hati  didesain dengan program pengajaran yangberusaha menjawab kebutuhan masyarakat dalam kemasan pendidikan, dengan satu kelas didampingi dengan dua orang guru ( wali kelas dan guru kelas ) sehingga proses pembelajaran diharapkan bisa berjalan dengan optimal. Pembentukan karakter peserta didik merupakan dasar untukmengembangkan manusia bermutu di sekolah ini. Potensi akademikyang diperkaya dengan kurikulum lokal berupa Bahasa Arab danTahfidzul Al Qur’an  diharapkan memperkaya peserta didik tidak hanya dapatmemiliki kecerdasan Intelegencia, namun juga Emotional dan Spiritual.

Konsep inilah yang sedang dikembangkan oleh SD IT Mutiara Hati . Kitaberharap bahwa kelak keberhasilan program ini dapatdijadikan salah satu contoh pengelolaan pendidikan unggul oleh pihak-pihaklain.

Hand Book sebagai salah satu sarana  informasi kepada semua elemen masyarakat yang meliputi Profil Sekolah, Budaya Sekolah dan Konsekwensi Logis, Kegiatan siswa.

Profil Sekolah adalah sekilas informasi terkait dengan visi, misi, tujuan, kurikulum dan lain-lain terkait dengan  SDIT Mutiara Hati.

Budaya Sekolah dan konsekwensi Logis adalah Kebiasaan yang dilakukan warga sekolah ( Guru, Siswa dan orang tua ). Budaya sekolah merupakan hasil rekayasa eleman dalam sekolah yang kemudian disepakati menjadi kebiasaan di Sekolah.Budaya sekolah akan menjadi nilai tambah dan nafas semua elemen sekolah serta ciri khas  sekolah sebagai bentuk keunggulan.

Kegiatan kesiswaan adalah sarana pembentukan karakteristik siswa-siswi SD IT Mutiara hati, dengan kegiatan kesiswaan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa.

Kegiatan Kesiswaan ini melibatkan seluruh siswa SDIT Mutriara Hati, terkadang juga melibatkan seluruh steckhoulder yang ada ( orang tua, siswa, guru dan masyarakat, pemerintah), karena pembentukan karakter anak bukan semata-mata tanggungjawab guru tetapi tanggung jawab kita semua.

SD IT Mutiara Hati mempunyai visi mencetak generasi Rabbani yang bertangung jawab memakmurkan bumi.

Visi besar tidak mungkin tercapai tanpa adanya program yang menunjang. Uraian program perlu diketahui oleh banyak pihak sehingga mudah menterjemahkan dan mengaplikasikannya.

Semoga panduan  ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan program-program SDIT Mutiara Hati.

Wassalamu’alaikum wr.wb.


Kepala Sekolah


Dedi Suromli, S.Pd

No comments: